Alasan mendikbud bebaskan siswa pilih satu mapel UN 2017

Diposting pada: 2017-03-06, oleh : Delta, Kategori: Tanpa Kategori

 

Santer diberitakan bahwa matapelajaran Ujian Nasional (UN) 2017 hanya terdiri dari empat matapelajaran saja. Selain tiga mata pelajaran wajib yang akan diujikan yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, para siswa bisa memilih satu mata pelajaran sesuain peminatan untuk diujikan.

Kemudian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjelaskan, hal itu dilakukan agar siswa lebih fokus pada pendalaman materi di mata pelajaran peminatan.

"Pilihan mata pelajaran kita ingin fokus ke pendalaman materi. Kalau anak memilih, maka materi akan lebih dalam. Sehingga nanti hasilnya jadi luas dan mendalam. Kalau hanya tiga matapelajaran saja nanti siswa hanya luas saja, tidak menguasai secara dalam," kata Muhadjir dalam acara Refleksi Kemendikbud Tahun 2016 di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (30/12/2017) seperti yang dilansir liputan6.com.

Pada dasarnya menurut Muhadjir tujuan dari pelaksanaan UN adalah sebagai peta dalam pemerataan pendidikan. Diharapkan, peta pendidikan semakin baik dari tahun ke tahun. Selain itu, dia juga inginn membuat UN menjadi sederhana, salah satunya dengan mengurangi mata pelajaran dan meminimalisir hal-hal negatif yang sering terjadi pada UN dengan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Meskipun siswa memilih satu mata pelajaran, tapi semua mata pelajaran khas jurusan itu diujikan di USBN, itu justru menentukan  kelulusan dan lebih luas serta mendalam," terang Muhadjir.

Kepala Pusat Pendidikan (Kapuspendik) Kemendikbud Nizam menjelaskan, untuk jenjang SMA, mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional 2017 adalah Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Untuk jurusan IPA, maka bisa memilih salah satu dari fisika, kimia, biologi. Kemudian kelompok IPS bisa memilih dari sosiologi, geografi, dan ekonomi. Sedangkan kelompok Bahasa bisa memilih dari sastra Indonesia, antropologi, dan bahasa asing.

"Untuk jenjang SMA, mata pelajaran UN, yakni matematika, bahasa Indonesia, bahasa Iggris, dan mata pelajaran pilihan sesuai jurusan (satu mata pelajaran, red). Untuk USBN, yaitu Pendidikan Agama, PKn, Sejarah, dan tiga mata pelajaran sesuai program studinya," kata Nizam.

Sedangkan untuk jenjang SMK, lanjutnya, mata pelajaran UN adalah matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan teori Kejuruan. Sementara untuk USBN, Pedidikan  Agama, PKn dan Keterampilan Komputer.

Berdasarkan informasi dari Pusat Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN untuk jenjang SMP, yakni matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan IPA. Sementara mata pelajaran yang diuji dalam ujian sekolah berstandar nasional (USBN), yakni Pendidikan Agama, PPKn dan IPS.

sumber : http://www.mardiyas.com

 


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini