• SMAN 8 KOTA TANGERANG
  • -

CARA MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK

CARA MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK

 

Benjamin Franklin pernah menyampaikan kata-kata berkaitan dengan kebiasaan kita menunda pekerjaan kita. Dia berkata, “Anda boleh menunda, tetapi waktu tidak akan pernah berhenti, waktu yang hilang tidak akan pernah kembali”. (Imanuel Kristo, 2021)

Siapa Benjamin Franklin ? Benjamin Franklin Salah satu dari 100 tokoh paling berpengaruh dalam sejarah, Benjamin Franklin, menjadi inspirasi bagi kehidupan jutaan manusia. Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Seperti menjadi seorang wartawanpenerbitpengarangfilantropisabolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwandiplomat, dan penemu sekaligus. Franklin juga adalah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. (https://id.wikipedia.org/wiki/Benjamin_Franklin)

Kata-katanya banyak yang terkenal dan dikutip orang. Misalnya "waktu adalah uang" kemungkinan besar berasal dari dirinya, mungkin karena ini juga gambar wajahnya ada adi uang kertas US $ 100. Banyak hal yang dapat kita contoh dari kehidupan franklin agar membuat kita lebih merasakan kebermanfaatan hidup yang kita jalani. Dikutip dari situs  https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palangkaraya/baca-artikel/13264/Belajar-dari-Benjamin-Franklin.html yang ditulis oleh Sayyidah Ustadza, tentang jadwal harian franklin menurut otobiografinya sebagai berikut :

Pukul 05.00 : Bangun, Membersihkan diri.

Pukul 06.00 : Kebaikan yang bermanfaat! Pagi. Doa pagi dan buat rencana untuk untuk hari. [Dia bertanya pada dirinya sendiri] “Apa yang harus saya lakukan hari ini?”.

Pukul 07.00 : Belajar, dan sarapan.

Pukul 08.00 s.d. 12.00 : Kerja.

Pukul 12.00 s.d. 14.00 : Baca atau abaikan akun anda, dan makan.

Pukul 14.00 s.d. 16.00 : Kerja.

Pukul 16.00 s.d. 18.00 : Istirahat pada sore hari.

Pukul 17.00 : Masukkan segala hal di tempatnya masing-masing, yaitu merapikan dan mengelolanya.

Pukul 19.00 : Renungkan tiap hari dengan pertanyaan: “Apa yang baik yang telah saya lakukan hari ini”

Pukul 20.00 : Makan malam, mendengarkan music, atau pengalihan, atau percakapan.

Pukul 21.00 : Pemeriksaan kegiatan dalam satu ahri.

Pukul 22.00 : Tidur

 

Mungkin inilah yang menjadi sebab mengapa Benjamin Franklin adalah salah satu orang yang paling berpengaruh didunia, karena ia sangat menghargai waktu. Bahkan, ia pernah mengatakan, “apakah anda mencintai hidup anda?”, “jika ya, maka jangan menyia-nyiakan waktu, karena dari hal tersebutlah hidup Anda dibuat”.

Franklin memberikan pelajaran hidup cara meraih kesuksesan kepada kita semua agar dapat menjadi diri lebih baik lagi dalam menjalankan rutinitas kita sehari-hari yang perlu direncakan dengan baik. Menunda banyak hal yang dapat kita kerjakan adalah kesia-siaan. Mari kita stop berkata “Aku menunggu waktu yang tepat”. Katakan dan tanamkan itu pada diri anda. Ingat waktu yang tepat dan saat yang tepat adalah sekarang. Dan cara yang paling efektif melakukan penundaan adalah dengan melakukannya saat ini juga.

Tunggu dulu, tapi saat ini apakah kalian seperti Benjamin franklin yang sangat menghargai waktu? Atau justru kalian malah asik melakukan prokrastinasi waktu?

 

PROKRASTINASI ???

Jadi apakah kamu tau prokrastinasi itu apa? Kalau ditanya pernah tidak diberikan tugas dari sekolah atau Pekerjaan rumah (PR) kamu lebih memilih untuk menunda dan melakukan kegiatan yang lainnya yang menurut kamu lebih menyenangkan, karena dengan pemikiran bahwa deadline yanga diberikan tugas/PR masih lama. Inilah salah satu contoh dari bentuk perilaku prokrastinasi.

Prokrastinasi dikatakan sebagai salah satu perilaku yang tidak efisien dalam menggunakan waktu dan adanya kecenderungan untuk tidak segera memulai suatu pekerjaan ketika manghadapi suatu tugas (Ghufron dan Risnawita 2012:149). Sehingga orang yang melakukan prokrastinasi disebut dengan prokrastinator.

Sementara itu, prokrastinasi yang biasa dilakukan oleh kalangan pelajar biasa disebut Prokrastinasi akademik. Seperti dikatakan oleh Rothblum dkk (1986) dalam Putri dkk (2008:3) mendefinisikan prokrastinasi akademik sebagai kecenderungan untuk selalu menunda-nunda tugas akademik dan selalu mengalami masalah yang berkaitan dengan tindakan menunda atau meninggalkan tugas tersebut.

Maka kesimpulan yang ambil bahwa prokrastinasi akademik merupakan suatu tindakan penghindaran atau menunda yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang memulai atau menyelesaikan suatu tugas akademik yang mempunyai batas waktu, dan menggantinya dengan aktivitas lain yang lebih menyenangkan dirinya dan tidak begitu penting sehingga menghambat kinerja akademik individu maupun orang lain.

Untuk mengetahui lebih jelas, apa saja kasus proktrastinasi akademik pada dunia Pendidikan menurut Salomon & Rothblum dalam Ghufron (2003:20), yaitu :

  1. Tugas mengarang yang meliputi penundaan melaksanakan kewajiban atau tugas-tugas menulis, misalnya menulis makalah, laporan, atau mengarang lainnya.
  2. Tugas belajar menghadapi ujian mencakup penundaan belajar untuk menghadapi ujian, misalnya ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ulangan mingguan.
  3. Tugas membaca meliputi adanya penundaan untuk membaca buku atau referensi yang berkaitan dengan tugas akademik yang diwajibkan.
  4. Kinerja tugas administratif, seperti menulis catatan, mendaftarkan diri dalam presensi kehadiran, mengembalikan buku perpustakaan.
  5. Menghadiri pertemuan, yaitu penundaan maupun keterlambatan dalam mengahadapi pelajaran.
  6. Penundaan kinerja akademik secara keseluruhan, yaitu menunda mengerjakan atau menyelesaikan tugas-tugas akademik secara keseluruhan.

Jika dicermati, kasus prokrastinasi akademik dapat menghambat hasil prestasi belajar siswa sebagai pelajar karena kebiasaan yang tidak disiplinnya. Prestasi belajar juga dapat menunjukkan derajat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar setelah melakukan proses belajar dari suatu program yang telah ditentukan. Tetapi, sampai sekarang masih dijumpai ketidaksiapan dalam memenuhi tuntutan menyelesaikan tugas tepat waktu. Masih banyak siswa yang mengalami masalah-masalah akademik, seperti pengaturan waktu belajar, pemilihan metode belajar yang sesuai, mengulur waktu dan melakukan penundaan terhadap tugas-tugas sekolah dan sebagainya. Itu semua merupakan salah satu bentuk ketidakdisiplinan yang dapat menghambat terciptanya generasi muda yang berkualitas.

Oleh sebab itu kita sebagai siswa dapat mengurangi perilaku prokrastinasi dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Menentukan sebuah komitmen, Sebab setinggi apapun ilmu yang kita miliki, apabila tidak ada Tindakan yang terjadi maka semua ilmu itu akan menjadi sia-sia.
  2. Dapat membuat sebuah kelompok belajar

Ketika memiliki sebuah kelompok belajar, seseorang bisa bertanya dan berdiskusi pada temannya. Mendiskusikan kesulitan dengan teman bisa menambah wawasan-wawasan baru agar tidak  menunda pekerjaan. Oleh karena itu, bentuklah kelompok belajar untuk saling mengingatkan dan membantu dalam mengerjakan tugas. Selain itu, teman juga bisa membuatmu merasa terpacu untuk tidak menunda pekerjaan.

  1. Manajemen waktu

Mengatur waktu 24 jam yang dimiliki dengan efisien. Misalnya berapa jam waktu untuk belajar, berapa jam waktu bermain, tidur, dan kapan saatnya kamu harus memberi reward untuk dirimu sendiri.

  1. Yakin terhadap diri sendiri

keyakinan diri dapat membantu seseorang mengurangi prokrastinasi.  Yakinkanlah dirimu sendiri kalau kamu mampu. Walaupun nantinya ada sebuah kesalahan, sekali lagi, itu wajar. Yakinlah dulu!

  1. Mengurutkan Prioritas

Catatlah setiap kegiatan penting yang harus kamu lakukan setiap harinya. Kemudian, berilah urutan dari yang terpenting hingga yang tidak terlalu penting. Dengan begitu, kamu akan mudah untuk memprioritaskan kegiatan yang kamu lakukan sehingga bisa fokus melakukannya satu-persatu.  

  1. Rincian Pekerjaan

Merinci setiap pekerjaan yang dimiliki dapat membantu mengurangi prokrastinasi. Misal, untuk melakukan sebuah penelitian, kita jadwalkan untuk melakukan observasi dan riset pendahuluan seminggu pertama. Setelah mendapatkan hasil observasi, di minggu kedua akan kamu gunakan untuk analisis temuan lapangan. Intinya, tuliskan tahap-tahap mu untuk menyelesaikan tugas itu secara sistematis.

  1. Kurangi Menganggap Enteng Tugas

Sebaiknya kurangi menganggap enteng suatu pekerjaan. Ketika diumumkan tugas, sebisa mungkin mulailah mencari data-data atau informasi mengenai topik tersebut. Bertanyalah pada teman yang lebih mengerti mengenai topik tersebut. Agar nantinya kita tidak terjebak pada bias perencanaan.

  1. Meningkatkan Kesadaran Diri

Kita harus mengingatkan diri sendiri terus menerus bahwa jika menunda satu pekerjaan akan berisiko pada banyak hal. Berusaha sepenuhnya sadar untuk mempertimbang segala resiko yang akan diterima dari penundaan merupakan salah satu cara agar terhindar dari prokrastinasi. Contoh, tugas membuat makalah yang seharusnya bisa bisa dikerjakan dalam waktu dua hari akan mengganggu tugas lainnya jika ditunda.

 

 

Sumber :

Kumpulan kata motivasi Benjamin Franklin https://motivasee.com/jangan-menunda-nunda-pekerjaan-bisa-lakukan-hari/ (diakses 03 desember 2022)

Imanuel Kristo. 2008. Momen inspirasi: Renungan yang menginspirasi hari anda. ANDI : Yogyakarta

Biografi Benjamin Franklin. https://id.wikipedia.org/wiki/Benjamin_Franklin (diakses 03 Desember 2022)

Ghufron dan Risnawita. 2012. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Putri, dkk. 2010. Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Psikologi, Surakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. (Online), (http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/ candrajiwa/article.pdf, diakses 28 Oktober 2022)

Ghufron, M. Nur. 2003. Hubungan Kontrol Diri Dan Persepsi Remaja Terhadap Penerapan Disiplin Orangtua Dengan Prokrastinasi Akademik. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Psikologi Pasca Sarjana UGM. (Online), (http://damandiri.or.id/file/mnurgufronugmbab2.p df, diakses 28 Oktober 2022)

Tulisan Lainnya
Pengumuman Kelulusan Tahun 2021/2022

    INFO Pengambilan SKL dan Raport Semester Genap pada Hari Kamis 12 Mei 2022 di Kelas masing-masing oleh Orang Tua    

04/05/2022 23:19 WIB - Admindelta
Sabtu lalu, 27 Juli 2019 Tim Delta Voice meraih Juara Pertama (Gold Medal)

Delta Voice atau disingkat DV adalah Tim Paduan Suara yang terbentuk sejak 22 April 2007. Nama Delta Voice sendiri merupakan singkatan dari Delapan Tangerang Voice. Tim Delta Voice sema

29/07/2019 13:43 WIB - Admindelta
Kenapa Tahun Ajaran Baru Dimulai Bulan Juli ?

Pernahkah Anda bertanya-tanya, kenapa tahun ajaran baru dimulai pada bulan Juli? Kenapa tidak bulan Januari berbarengan dengan awal tahun baru? Moms, sebenarnya pendidikan di Indonesia

06/07/2019 00:30 WIB - Admindelta
Bazar Universitas

Pameran beberapa Universitas di SMAN 8 Tangerang

06/07/2019 00:27 WIB - Admindelta
Cara Memotivasi Diri Sendiri Agar Semangat Belajar

Belajar terkadang menjadi membosankan untuk sebagian orang, terutama belajar dengan apa yang tidak dia sukai dan tidak diminati. Hal ini diperparah dengan Tujuan dari mempelajari hal te

02/07/2019 00:29 WIB - Admindelta